ISC

Beranda » NEWS » Menumbuhkan Entrepreuner Berbasis Kampus

Menumbuhkan Entrepreuner Berbasis Kampus

like fanspage kami

Mei 2013
S S R K J S M
« Apr    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Komentar Terbaru

Nugraha JS di Upgrade program kerja ISC peri…

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya

Statistik Blog

  • 1,332 hits

Dalam rangka menjembatani investor dan pelaku bisnis dalam bersinergi mengembangkan sayap suatu perusahaan, digelarlah event Islamic Business and Investment Day (IBID) 2013. Acara ini dilaksanakan pada 3-5 Mei 2013 di kampus UIN Sunan Kalijaga yang diadakan oleh Rumah Syirkah Indonesia bersinergi dengan Lab Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Industrial Study Club (ISC) Prodi Teknik Industri fakultas Saintek.  Event diikuti para pebisnis muslim, lembaga permodalan syariah, para praktisi fiqih ekonomi syariah, pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat muslim pada umumnya.

IBID 2013 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini diharapkan sebagai pilot project dari Road Show Islamic Business and Investment Day di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. “Semoga acara ini mampu menjawab tantangan ekonomi global dan mampu meningkatkan daya saing ekonomi Islam di kancah dalam negeri dan internasional” ucap Muhammad Arifin perwakilan dari Rumah Syirkah Indonesia.

Selain itu, untuk menumbuhkan usaha entrepreuner berbasis kampus disediakan juga sarana edukasi investasi syariah melalui seminar bisnis dan investasi Islam bertajuk “Membangun Sinergi Investor Muslim dan Pengusaha UMKM Muslim untuk Menumbuhkan Kekuatan Sektor Ekonomi Riil Indonesia” yang disampaikan oleh Dr.H. Slamet Sutrisno, M.M., M.Si dari  Asosiasi Dosen Indonesia dan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc dari Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia.

Untuk menambah akuntabilitas dalam berbisnis, pada event ini juga diselenggarakan Workshop Business Plan, Sistem Akuntansi dan Perpajakan untuk para pebisnis pada segmen UMKM. Para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum juga ikut berpartisipasi memeriahkan event ini dengan mengikuti lomba menulis artikel Peluang Usaha Kreatif dengan Permodalan Ekonomis di website Rumah Syirkah Indonesia yang berhadiah android.

Kaprodi Teknik Industri Arya Wirabuana M.Sc dalam sambutannya mengatakan, dari data statistik di negeri ini jumlah entrepeuner kurang dari 20 % jumlah penduduk. Sedangkan di negara maju lebih dari 20% pengusaha ikut menjalankan perekonomian negara. “ Dari Prodi sendiri selalu support bagi mahasiswa yang mencoba berwirausaha, dengan menciptakan wirausaha mereka bisa membantu pemerintah membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran”, kata Arya.

Sebagai puncak kemeriahan IBID 2013 digelar tabligh akbar bertajuk “Meraih Kejayaan Ekonomi Umat dengan Meneladani Praktik Ekonomi di Masa Generasi Terbaik Islam(Era Khalifah Umar bin Khattab)”, yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Arifin Badri M.A (Doktor Fiqih alumnus Madinah University, Saudi Arabia).

dikutip dari: http://saintek.uin-suka.ac.id/berita/dberita/219


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: